Jokowi Cabut Subsidi BBM untuk Bangun Infrastruktur

Presiden Jokowi mantap mencabut subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Premium. Dana anggaran subsidi sebesar Rp 228 triliun per tahun dapat dialihkan untuk membiayai pembangunan yang lebih produktif dan lebih luas manfaatnya bagi rakyat.

“Subsidi untuk BBM itu sangat besar, 70 persen dinikmati mereka yang punya mobil. Kita bisa melakukan banyak hal dengan uang sebanyak itu,” kata Jokowi dalam wawancara eksklusif Metro TV, Rabu (7/1/2014).

Presiden ke-7 RI itu menuturkan pemerintah bisa melakukan pembangunan besar-besaran dengan mengalihkan subsidi BBM ke sektor infrastruktur. Ia mencontohkan subsidi lima tahun untuk BBM mencapai Rp 1.140 trilun padahal untuk membangun jaringan kereta api di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Papua hanya butuh Rp 360 triliun.

“Subsidi sebesar itu itu kita bisa bangun jaringan kereta sampai papua, bangun 2.800 waduk padahal kita cuma butuh 49. Sekarang yang prioritas adalah pupuk, bibit dan traktor untuk petani. Kapal dan mesin pendingin untuk nelayan, dan modal kerja untuk usaha mikro di desa,” jelas Jokowi.

Sumber : Metrotvnews.com