oleh

Obat Corona Covid 19 Bernama Avigan

Favipiravir, juga dikenal sebagai T-705, Avigan, atau favilavir adalah obat antivirus yang dikembangkan oleh Toyama Chemical of Japan dengan aktivitas melawan banyak virus RNA. Pada Februari 2020 Favipiravir sedang dipelajari di Cina untuk pengobatan eksperimental penyakit COVID-19 yang muncul.

China menyebut obat flu bermerek Avigan, efektif melawan virus corona COVID-19. Avigan merupakan obat favipiravir yang dikembangkan oleh Fujifilm Toyama Chemical.

Pasien positif Covid-19 di Shenzhen diberi obat Avigan oleh para ahli. Empat hari setelah diberikan obat tersebut, mereka dites kembali dan hasil tes virus negatif.

Meski begitu, setengah pasien yang dites menunjukkan hasil negatif lebih awal dan setengahnya lagi lebih dari empat hari. Hasil itu kemudian dibandingkan dengan pasien yang tidak mendapat obat Avigan.

Obat ini secara khusus dibuat untuk mengobati virus RNA seperti SARS-CoV-2 Namun, obat tersebut tampaknya kurang efektif pada pasien dengan gejala berat. “Kami telah memberi Avigan kepada 70 hingga 80 orang, tetapi tampaknya tidak berfungsi dengan baik ketika virus sudah berlipat ganda,” kata seorang sumber dari Kementerian Kesehatan Jepang kepada surat kabar Mainichi Shimbun dikutip The Guardian.

Avigan sendiri, diatur khusus oleh pemerintah Jepang, di mana ia hanya bisa digunakan jika influenza jenis baru muncul.

Presiden Jokowi dikabarkan sudah memesan 2 juta butir obat Avigan untuk Indonesia dan masyarakat akan segera menerima obat ini sesegera mungkin.

admin
Author: admin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed