oleh

Kegiatan Greenpeace Indonesia Memperingati Hari Laut Se-Dunia 2019

-Alam, Berita-74 views

BEKASI – Kalian tahu ga apa itu Hari Laut Sedunia ? Hari Laut Sedunia merupakan hari peringatan untuk menghargai laut-laut di dunia dengan merayakan hasil-hasil yang disediakan oleh samudra, seperti makanan laut dan kehidupan laut untuk akuarium, hewan peliharaan dan waktu untuk menghargai nilai intrinsik itu sendiri. Laut itu juga menyediakan jalur pelayaran untuk perdagangan internasional. Polusi global dan konsumsi ikan yang berlebihan telah menyebabkan populasi ikan berkurang dengan drastis. Hari peringatan ini juga memberikan kesempatan berbeda untuk menyelenggarakan aksi komunitas dan personal untuk menjaga samudra dan hasil di dalamnya.

Hari Laut Sedunia diperingati setiap tanggal 8 Juni pertama kali pada tahun 1992 diselenggarakan di Earth Summit Rio de Janeiro, Brasil lalu disahkan oleh PBB pada akhir tahun 2008. Sejak tahun 2003, The Ocean Project telah mengoordinasikan hari peringatan ini dengan mengumpulkan para peserta setiap tahun.

The Ocean Project, bekerja sama dengan World Ocean Network, Asosiasi Kebun Binatang dan Akuarium, dan rekan lain dalam jaringan dengan 2.000 organisasi di dalamnya telah mempromosikan Hari Laut Sedunia sejak tahun 2003. Acara Hari Samudra Sedunia melingkupi serangkaian aktivitas dan tindakan, seperti eksplorasi luar ruangan khusus, pembersihan pantai, program pendidikan dan aksi, kontes seni, festival film, dan acara makanan laut yang berkelanjutan.

Pada hari Minggu, 19 Mei 2019 Greenpeace Indonesia mengadakan kegiatan untuk memperingati Hari Laut Sedunia di Lapangan didepan Museum Fatahillah yang merupakan salah satu ikon Kota Jakarta.

Kegiatan tersebut dimulai dengan face painting, yaitu menggambar muka para aktivis dengan cat air yang ramah lingkungan dengan berbagai macam lukisan bertema laut dan biru. Setelah itu dilanjutkan dengan kegiatan foto-foto dengan latar belakang museum Fatahillah untuk kampanye di media sosial. Setelah acara foto selesai lalu diadakan kegiatan interaksi dengan publik untuk menjelaskan tentang laut sehat dan kampanye protect the oceans.

Hal tersebut dilakukan untuk memberikan pengetahuan tentang pentingnya laut yang sehat sehingga masyarakat sadar dan dapat melindungi laut dengan hal kecil yang dapat dilakukan setiap hari, seperti tidak membuang sampah plastik sembarangan dan mengurangi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan Greenpeace Indonesia kemudian ditutup dengan acara buka puasa bersama para aktivis disebuah kedai tidak jauh dari tempat kegiatan.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed