oleh

Menyelam di kedalaman 10 Kilometer yang ditemukan Plastik

-Alam, Berita-75 views

BEKASI – Victor Vescovo kemaren sedang mencoba menorehkan sejarah dengan menyelam di kedalaman 10,927 meters atau lebih dari 10 kilometer di palung Mariana di laut Pasifik dalam ekspedisi Five Deep. Ekspedisi ini untuk kepentingan pemetaan dan penelitian dengan memakai kapal selam bernama Bathyscaphe Trieste.

Vescovo telah keliling dunia untuk mencari makhluk hidup di laut dalam, batu-batuan unik, pemetaan untuk mengetahui apakah ada tempat yang lebih dalam dan mungkin menemukan benda buatan manusia.

Dan akhirnya memang ditemukan benda buatan manusia didasar laut tersebut, yaitu plastik. Entah bagaimana benda tersebut bisa sampai didasar laut dalam tersebut, tapi itu telah membuktikan bahwa plastik sudah mencemari lautan kita, dan manusia belum sepenuhnya sadar akan hal tersebut.

Penggunaan plastik ini untuk berbagai kebutuhan manusia telah mencemari lingkungan dan habitat satwa khususnya di laut. Beberapa waktu lalu kita melihat ikan paus mati karena didalam perutnya banyak plastik, ikan paus tersebut mungkin ingin menyampaikan kepada manusia bahwa plastik yang kalian produksi sudah membuat banyak makhluk hidup dilautan mati. Ikan paus itu mati di pinggir laut agar manusia menemukan bangkainya dan tahu bahwa dia mati karena plastik.

Mahluk laut sebagai salah satu sumber makanan manusia akan punah oleh kelakuan manusia itu sendiri, dan jika saat ini kita tidak dapat mengatasinya, maka anak cucu kita yang akan menerima akibatnya dengan punahnya makhluk hidup di laut dan darat.

Lalu mau makan apa anak cucu kita nanti di masa depan jika sumber makanan hilang ? Pembangunan ekonomi yang berkelanjutan akan percuma jika alam sudah rusak.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed