oleh

Setelah berhenti merokok, apa yang terjadi dengan tubuh kalian

BEKASI – Hai sahabat PM, apa kalian sudah merokok hari ini ? buat yang perokok berat beberapa jam kalau tidak merokok saja kayanya perasaan udah ga karuan ya. Nah sebenarnya itu adalah reaksi tubuh yang terjadi, nah mau tau lebih lengkapnya baca aja nih setelah berhenti merokok, apa yang terjadi dengan tubuh kalian.

Rokok merupakan salah satu penyebab kematian yang ternyata bisa kita cegah sejak dini. Dengan tidak merokok maka bisa menurunkan hampir 50% resiko kanker dalam tubuh.

Nah apa sih yang bakal terjadi didalam tubuh kita kalau kita berhenti merokok ?

Setelah 1 jam

Nah 20 menit setelah merokok, detak jantung turun dan kembali normal. Tekanan darah mulai turun, dan sirkulasi mungkin mulai membaik.

Setelah 12 jam

Setelah 12 jam tanpa rokok, tubuh kalian akan mulai membersihkan diri dari kelebihan karbon monoksida dari rokok. Tingkat karbon monoksida didalam tubuh kita kembali normal, meningkatkan kadar oksigen tubuh.

Setelah 1 hari

Dalam jangka waktu 1 hari setelah berhenti merokok, tekanan darah seseorang mulai turun, mengurangi risiko penyakit jantung dari tekanan darah tinggi yang disebabkan oleh merokok . Dalam waktu ini, kadar oksigen seseorang akan meningkat, membuat aktivitas fisik dan olahraga lebih mudah dilakukan.

Setelah 2 hari

Setelah 2 hari setelah berhenti, seseorang mungkin merasakan indra penciuman yang lebih tinggi dan rasa yang lebih jelas ketika saraf-saraf didalam tubuh kita ini sembuh.

Setelah 3 hari

3 hari setelah berhenti merokok, kadar nikotin dalam tubuh kita berkurang. Meskipun lebih sehat untuk tidak memiliki nikotin dalam tubuh, penipisan awal ini dapat menyebabkan penarikan nikotin. Dalam jangka waktu 3 hari setelah berhenti inilah, kebanyakan perokok akan mengalami galau tingkat tinggi, kemurungan dan lekas marah, sakit kepala parah , dan punya keinginan berat untuk merokok kembali seperti kecanduan saat tubuh menyesuaikan kembali.

Setelah 1 bulan

Dalam 1 bulan setelah berhenti merokok, fungsi paru-paru perokok mulai membaik. Ketika paru-paru pulih dan kapasitas paru-paru meningkat, maka perokok mungkin batuk dan sesak napas akan lebih sedikit. Daya tahan tubuh meningkat dan perokok mungkin akan bisa berlari dan melompat lebih baik.

Setelah 1-3 bulan

Untuk beberapa bulan berikutnya setelah berhenti, sirkulasi terus meningkat.

Setelah 9 bulan

Sembilan bulan setelah berhenti merokok, paru-paru telah sembuh secara signifikan. Rambut di paru-paru yang dikenal sebagai silia telah pulih dari asap rokok yang menimpa mereka. Rambut ini membantu mendorong lendir keluar dari paru-paru dan membantu melawan infeksi.

Perokok yang dulu mengalami infeksi paru-paru karena silia yang terinfeksi dapat melakukan pekerjaan mereka dengan lebih mudah.

Setelah 1 tahun
Satu tahun setelah berhenti merokok, risiko seseorang untuk penyakit jantung koroner berkurang setengahnya. Risiko ini akan terus menurun melewati batas 1 tahun.

Setelah 5 tahun

Setelah 5 tahun tanpa merokok, tubuh telah sembuh sendiri sehingga arteri dan pembuluh darah mulai melebar lagi. Pelebaran ini berarti darah cenderung menggumpal, menurunkan risiko stroke.

Risiko stroke akan terus berkurang selama 10 tahun ke depan karena tubuh semakin sembuh.

Setelah 10 tahun

Setelah 10 tahun, resiko perokok terkena kanker paru – paru dan meninggal berkurang setengah dibandingkan dengan seseorang yang terus merokok. Kemungkinan kanker mulut, tenggorokan, atau kanker pankreas telah berkurang secara signifikan.

Setelah 15 tahun

Setelah 15 tahun berhenti merokok, resiko penyakit jantung koroner sama dengan yang bukan perokok. Demikian pula, risiko terkena kanker pankreas telah berkurang ke tingkat yang sama dengan yang bukan perokok.

Setelah 20 tahun

Setelah 20 tahun, risiko kematian akibat merokok, termasuk penyakit paru-paru dan kanker, turun ke tingkat seseorang yang tidak pernah merokok dalam hidupnya. Juga, risiko terkena kanker pankreas telah berkurang dari seseorang yang tidak pernah merokok.

Nah itulah yang akan terjadi dengan tubuh kita jika kita berhenti merokok. Merokok 1 batang saja sembuh totalnya setelah 20 tahun sejak kita berhenti total menghisap rokok.

Masih mau merokok ?

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed