oleh

Tamiya Mini 4WD beraksi kembali

-Hobi-30 views

BEKASI – Kalian yang lahir tahun 80-an pasti tau dech sama mainan yang satu ini, Tamiya 4WD. Yups, ini adalah mainan generasi 80-an yang sempat menjadi trend pada zaman itu.

Sekarang mainan ini kembali menjadi viral, ga cuma anak-anak loh yang main tapi generasi 80-an juga ikutan main. Lucu dech liatnya klo ada pertandingan, bapak-bapak ikutan main juga.

Buat kalian yang masih baru main, ga salahnya tau dulu sejarahnya mainan ini ya.

Mini 4WD pertama kali diproduksi oleh sebuah perusahaan model berskala Jepang, Tamiya pada 1982 berupa sebuah miniatur mobil dengan mesin sebagai alternatif dari berbagai jenis miniatur mobil plastik di pasaran yang umumnya tak bermesin.

Pada tahun 1989, Tamiya menugaskan Shogakukan, sebuah perusahaan penerbitan di Jepang, untuk memproduksi dua serial anime TV yang ceritanya didasarkan pada mobil Mini 4WD, salah satunya yang cukup populer berjudul Dash! Yonkuro.

Semenjak itu balapan dan memodifikasi mobil 4WD telah menjadi hobi bagi banyak orang di belahan dunia. Mini 4WD sangat popular di kawasan Asia, seperti Jepang, Filipina, Indonesia, Malaysia, Taiwan, Hongkong, hingga ke Italia dan Amerika Serikat.

Mini 4WD sendiri adalah mainan yang berbentuk rakitan dari Chasis hingga body harus dirakit sedemikian rupa agar menjadi sebuah mainan yang utuh dan dapat dijalankan penggerak dari mainan ini adalah sebuah motor DC kecil yang terpasang di antara roda belakang atau depan chasis. Kecepatan dari mobil mainan ini bergantung dari seberapa baik pemainnya merakit motor maupun integrasi elektriknya.

Tips Merakit Tamiya Mini 4WD

Berikut adalah hal hal yang harus diperhatikan dari kita saat merakit mini 4WD:

  1. Pemilihan motor dinamo saat menjalankan mini 4WD. Motor dinamo adalah hal yang sangat vital karena kita tahu bahwa ada 2 jenis motor dinamo yang ada di pasaran yaitu motor bertenaga tinggi dan berkecepatan tinggi. Pemilihan motor dinamo ini sangat bergantung pada lintasan yang akan dilalui oleh mini 4WD tersebut.
  2. Pemilihan Ban bila mini 4WD melalui sebuah lintasan di tempat yang memang sewajarnya maka ban karet lateks biasa cukup baik untuk digunakan. Namun juga disarankan bagi pengguna mini 4WD untuk menggunakan ban busa bila mobil hanya melaju untuk putaran singkat.
  3. Pemilihan aksesoris yang berlebihan pada mini 4WD juga akan mempengaruhi laju mobil tersebut sehingga pengguna mini 4WD harusnya lebih bijak menggunakan aksesoris agar tidak berlebihan. Bila lintasan yang dilalui terlalu berliku, maka disarankan untuk menggunakan minimal roler depan dan belakang sehingga membantu mobil untuk bergerak di setiap tikungan.

Adalah sangat penting bagi kita pengguna mini 4WD agar bijak menentukan seperti apa setting terbaik dari mobil kita. Sebaiknya gunakan secara maksimal kemampuan anda terutama bila anda memiliki keilmuan di bidang elektro.

Ilmu tersebut tentunya akan sangat membantu karena anda tentu saja dapat mendesain sedemikian rupa mobil mini 4WD anda secara elektris dan mekanis sehingga menghasilkan mobil mini 4WD yang tidak hanya cepat di lintasan lurus tapi juga stabil melewati lintasan yang berliku.

Nah buat kalian yang mau mengenang masa kecil, yuk buruan kita beli lagi nih Tamiya Mini 4WD favorit kalian dulu.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed