oleh

Mau Tahu Penyebab Baterai Ponsel Boros? Dan Ini Cara Mengatasinya

Dengan sebagian aktivitas berada di HP, benda tersebut jadi barang penting dalam kehidupan sehari-hari. Namun ini jadi terganggu apabila baterai ponsel cepat habis atau harus diisi ulang berkali-kali.

Ternyata penyebab baterai HP cepat habis memiliki sejumlah alasan. Ada karena penggunaan layar bahkan berhubungan dengan umur ponsel itu sendiri.

Bahkan masalah-masalah itu juga punya solusi yang bisa kamu lakukan. Berikut informasi soal masalah dan cara memperbaikinya, dikutip dari laman Android Authority, Jumat (11/6/2021):

Layar

Salah satu hal yang sering berkembang dari ponsel adalah masalah layar. Mulai dari ukuran atau bahkan memiliki kemampuan untuk dilipat.

Namun ternyata penggunaan layar juga menyebabkan baterai cepat terkuras. Jika kamu ingin mengecek penggunaanya, bisa menuju ke Pengaturan lalu pilih baterai dan klik menu tiga titik yang berada di kanan atas.

Setelah itu menuju ke menu Battery Usage dan klik tombol tiga titik. Terakhir pilih Show full device usage.

Untuk mengurangi penggunaan layar yang mengakibatkan baterai terkuras, berikut caranya:

– Kecerahan Layar: Sebaiknya turunkan kecerahan pada layar. Sebab dengan begitu dapat membantu menyimpan daya baterai.

– Pakai kecerahan adaptif: Kecerahan layar bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Dengan begitu dapat menghemat baterai dan tidak menggunakan layar dengan kecerahan yang tidak diperlukan.

– Screen refresh rate: Sejumlah HP mendapatkan layar dengan refresh rate yang cukup tinggi. Namun pemilik ponsel dapat mengaturnya pada menu Pengaturan.

– Waktu auto lock: Kunci otomatis ini sebaiknya bisa dikurangi waktu jeda. Jadi layar tidak akan dalam keadaan standby terus menerus.

– Tidak menggunakan wallpaper animasi: Wallpaper animasi memang memperindah tampilan layar. Namun sebenarnya sama seperti memutar video terus menerus yang dapat mengakibatkan baterai menjadi habis.

– Wallpaper hitam: Jika menggunakan ponsel dengan Amoled, maka warna hitam pada wallpaper bisa membuat baterai lebih hemat. Sebab piksel menjadi tidak aktif.

– Gunakan layar lebih kecil: Ini dilakukan bagi pemilik ponsel lipat. HP jenis ini memiliki dua layar, untuk menghemat baterai sebaiknya gunakan layar yang berukuran kecil saja lebih sering saat tidak membutuhkan tampilan lebih luas.

Layanan Selular

Suka berada dalam jaringan layanan selular yang buruk? Mungkin itu juga menyebabkan baterai menjadi terkuras. Bahkan alasan ini jauh lebih membuat boros baterai dibandingkan saat menonton video.

Hal ini karena adanya komunikasi dengan tower terdekat, agar tetap tersambung. Untuk menghemat baterai dari segi layanan seluler, berikut caranya:

– Ganti operator: Apabila operator yang digunakan sekarang bukan pilihan terbaik, sebaiknya diganti. Operator selular sendiri memiliki keandalan dengan berbagai faktor mulai dari area, kota serta lingkungan, sebaiknya cari tahu dulu soal keunggulan tiap operator.

– Airplane Mode: Fitur ini dapat membantu saat layanan selular buruk. Airplane mode akan membuat antena ponsel untuk beristirahat.

– Perluasan jaringan: Operator beberapa kali menawarkan untuk perluasan jaringan internet dan memberi sinyal. Mungkin bisa jadi pilihan saat akan pergi ke wilayah dengan layanan tidak stabil dalam waktu lama.

– Penguat sinyal: perangkat ini mungkin bisa jadi solusi, walau memang harganya cukup mahal. Penguat sinyal memiliki antena luar yang bertugas menerima sinyal dan membaginya dalam rumah dengan antena internal.

Aplikasi memang jadi satu masalah utama membuat baterai menjadi cepat habis. Mulai dari aplikasi streaming hingga media sosial yang kerap digunakan oleh pemilik ponsel.

Berikut cara untuk mengatasi baterai cepat habis dari aplikasi:

1. Hapus aplikasi tak perlu: Kadang kita hanya menggunakan sedikit aplikasi saja dari banyaknya aplikasi yang ada di ponsel. Aplikasi selalu aktif dan menguras baterai. Sebaiknya hapus aplikasi yang tidak perlu.

2. Hentikan aplikasi di layar belakang: Buka Pengaturan lalu klik apps&notification. Lalu pilih Select the apps dan tekan Advanced. Setelah itu pilih Battery.

3. Tutup aplikasi: Jika ada aplikasi yang bertingkat aneh dan dapat menyebabkan baterai cepat habis sebaiknya tutup aplikasi. Caranya dengan membuka Settings dan ke Apps&notification, pilih Select the app dan klik Force stop.

4. Pakai seperlunya: Sayangnya kita terjebak dengan perilaku sendiri yang masih sering menggunakan ponsel secara boros. Kita bahkan bisa menggunakan HP secara terus menerus mulai dari bermain games, menonton film atau hanya sekedar berselancar di timeline media sosial.

Usia Ponsel

Ingat lagi kapan HP dibeli pertama kali. Bisa jadi usia ponsel menjadi penyebab baterai cepat habis.

Sebab seiring berjalannya waktu, kinerja baterai akan mulai hilang dan membuat panas dengan konstan. Selain itu mengisi baterai dapat mengurangi kapasitas satu hingga dua detik.

Ini cara untuk memperbaikinya:

– Beli HP Baru: Tidak ada cara lain untuk memperbaikinya, jika memang umur HP merupakan penyebab masalah.

– Ganti Baterai: Apabila menggunakan ponsel dengan baterai yang dapat dilepas, sebaiknya ganti dengan baterai baru. HP dengan baterai tidak dilepas juga bisa diganti dengan membuka perangkat namun ini memerlukan pengetahuan teknis dan ada resiko.

1. GPS, Wifi dan Bluetooth: Penggunaan ketiganya memang tidak mengurasi banyak baterai. Namun mungkin bisa membantu menghemat baterai dengan mematikan fungsinya saat sedang tidak dibutuhkan.
2. Kamera: Mengambil foto dan video bisa menguras baterai lebih banyak. Sebaiknya tidak menggunakan kamera terlalu sering.

3. Suhu dingin: Menurut pemilik Arctic Tech Solution, Roger Gurney baterai lithium-ion dapat berhenti menghasilkan listrik apabila ada di cuaca dingin. Sebaiknya bisa meletakkan ponsel di dekat tubuh, jadi suhu tubuh dapat membuat HP tetap terjaga hangat.

4. tetap up-to-date: Dalam pembaruan software selalu terselip fitur untuk meningkatkan masa baterai. Selalu lakukan pembaruan software saat sudah tersedia.

5. Pengisi daya portabel: Dengan menggunakan paket yang bagis dapat membuat baterai memiliki daya tahan yang dalam waktu lebih lama.

(ist/rus)

 

Jack Rusto
Author: Jack Rusto

Energik dan penuh semangat dalam bekerja.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed