oleh

Belajar di Rumah Dengan Google Classroom Gratis

-Aplikasi, Ilmu-294 views

Pemerintah saat ini telah meliburkan seluruh sekolah untuk mencegah penyebaran Virus Corona / Covid-19. Dan para siswa-siswi diharapkan belajar dirumah masing-masing.

Google dalam hal ini telah memiliki satu fasilitas untuk mendukung kegiatan belajar dirumah atau belajar secara online untuk memudahkan para tenaga pengajar atau guru agar dengan mudah memberikan pelajaran, tugas dan nilai bagi para muridnya secara online dari handphonenya masing-masing, namanya adalah GOOGLE CLASSROOM.

Google bekerja sama dengan para pengajar di seluruh negeri untuk menciptakan Classroom: sebuah fitur yang efisien, mudah digunakan, dan membantu pengajar dalam mengelola tugas. Dengan Classroom, pengajar dapat membuat kelas, mendistribusikan tugas, memberi nilai, mengirim masukan, dan melihat semuanya di satu tempat.

Setiap orang yang memiliki Akun Google pribadi juga dapat menggunakan Classroom secara gratis.

Dengan Classroom, pengajar dan siswa dapat login dari komputer atau perangkat seluler apa pun untuk mengakses tugas kelas, materi pelajaran, dan masukan.

Pengajar dapat melacak progres siswa untuk mengetahui di mana dan kapan harus memberikan masukan tambahan. Dengan alur kerja yang disederhanakan, energi Anda dapat lebih difokuskan pada pemberian rekomendasi yang membangun dan dipersonalisasi bagi siswa.

Classroom dibuat bersama dengan pengajar untuk membantu mengorganisir tugas sehari-hari, berkomunikasi, dan mendorong kolaborasi yang lebih besar.

1. Beri masukan yang lebih baik dengan cepat menggunakan bank komentar
2. Tugaskan dan beri nilai tugas dengan aman. Anda juga bisa menggunakan tugas kembali atau berkolaborasi.
3. Posting, beri komentar, dan fasilitasi diskusi kelas
4. Kelola materi dan sumber referensi agar tetap teratur di halaman Classroom
5. Kelola dan lihat wali, siswa, dan rekan pengajar di halaman Orang
6. Hilangkan gangguan dengan memberikan kuis dalam mode terkunci

BAGAIMANA CARA MEMAKAI GOOGLE CLASSROOM UNTUK PARA GURU / SEKOLAH ?

1. Via PC/Laptop anda bisa kunjungi website https://classroom.google.com/
2. Via Handphone anda bisa download dan install aplikasi Google Classroom di Playstore dengan nama GOOGLE CLASSROM / GOOGLE KELAS
3. Setelah masuk ke website atau aplikasi masuklah ke account Google anda
4. Lalu buatlah kelas (create class)
5. Beri Nama Kelas
6. Setelah itu anda bisa mengundang para murid dengan email mereka di tab People. Nanti akan ada email undangan di setiap akun yang anda undang untuk bergabung dikelas tersebut.
7. Setelah itu anda bisa mulai memposting materi pelajaran, tugas, file di Tab Stream. Anda bisa melampirkan file document, gambar, video, pdf dan lainnya kedalam postingan tersebut.
8. Untuk membuat tugas bagi murid-murid anda, silahkan ke tab Classwork. Lalu buat tugas sesuai kategori yang ada seperti pilihan berganda, tugas kuis, dll.
9. Untuk penilaian bisa anda cek murid satu persatu hasil yang dikirimkan oleh mereka dan memberikan nilai jika benar dan memberikan komentar di jawaban murid satu per satu.
10. Murid pun bisa langsung melihat hasil nilai yang diberikan.

Nah demikianlah beberapa cara efisien untuk para guru dan murid belajar dirumah dengan baik.

Sumber : Kompasiana

 

admin
Author: admin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed