oleh

Beli Smartwatch atau jam tangan biasa ya ?

BEKASI – Jam tangan adalah salah satu accessoris yang antara dibutuhkan atau tidak. Saat ini jam tangan sudah banyak jenisnya, mulai dari jam tangan biasa/analog, jam tangan digital dan yang terbaru adalah jam tangan smartwatch.

Nah buat kalian yang saat ini masih galau berat mau pilih yang mana, yuk kita baca terus artikel ini ya.

Jam Tangan Biasa / Analog

Jam tangan ini adalah jam tangan biasa yang terdiri dari komponen jarum jam gir. Biasanya memakai baterai atau ada yang kinetik, tidak memakai baterai tapi getaran. Jam tangan ini ditemukan oleh Peter Henlein Pada 1505, ia menemukan arloji pertama di dunia, Watch 1505 , pomander berlapis emas dulu dan sampai sekarang masih banyak digunakan oleh masyarakat.

Jam Tangan Pertama Di Dunia

Seiring perkembangan zaman, bentuk dan desain jam tangan analog ini mulai mengalami perubahan sampai dengan yang kita lihat saat ini.

 

Jam Tangan Digital

Seiring perkembangan teknologi, muncullah jam tangan digital pada tahun 1970 yang dibuat oleh Seiko, dinamakan Hamilton Pulsar.

Jam Tangan Digital Pertama di Dunia

Jam ini menggunakan LED tapi sangat boros baterai, pertama kali keluar harganya sangat mahal sekali karena bahannya dari emas 18 karat. Lalu seiko mengeluarkan beberapa jam digital lainnya yang mungkin sampai sekarang kita sering kenal dengan seri G-Shock. Jam ini selain menampilkan waktu, juga bisa menyala dalam gelap, menampilkan beberapa informasi seperti stopwatch, game, suhu, ketinggian, GPS, dan lainnya.

 

Jam Tangan Pintar / Smartwatch

Nah zaman now ini, keluarlah jam tangan yang sangat pintar. Lebih pintar dari jam tangan digital yang telah ada. Jam ini pertama kali keluar pada tahun 1999 dikeluarkan oleh Samsung dengan seri Samsung SPH-WP10.

Smartwatch pertama di dunia

Smartwacth ini bisa digunakan untuk menelpon selama 90 menit nonstop, memiliki layar LCD monokrom dan berat 50 Kg serta tebal 2 cm.

Setelah itu mulai dari sony ericson, motorola pun ikut mengeluarkan smartwatch ini. Akan tetapi revolusi smartwatch sebenarnya dimulai dengan kehadiran Apple Watch.

Apple Watch
Apple Watch

Setelah Apple Watch keluar, makin banyak produsen yang memproduksi smartwatch dengan berbagai model, fitur dan merek melalui sistem operasi android.

Antara Kebutuhan dan Gaya

Nah buat kalian yang masih galau mau pilih yang mana, kalian harus tahu dulu kebutuhan jam untuk apa ? Kalau hanya sekedar melihat waktu saja, Bang PM menyarankan untuk memilih jam analog atau digital aja, selain lebih murah baterainya pun tahan sangat lama. Ga perlu dipusingin dengan mengecash baterai tiap minggu.

Buat kebutuhan olah raga, medsos, dan aktivitas lainnya sehari-hari kalian bisa memilih smartwatch dengan berbagai fitur yang lebih dari jam digital. Smartwatch saat ini sudah dilengkapi berbagai sensor yang dapat kalian gunakan untuk mengecek denyut jantung, dan lainnya. Sangat cocok yang mulai peduli dengan kesehatan dan sangat aktif di jalan atau kantor.

Buat anak-anak pun saat ini sudah ada smartwatch khusus yang dibuat untuk anak-anak, jam tangan khusus anak ini dilengkapi GPS yang dapat memantau keberadaan anak-anak kita dari jarak jauh. Juga bisa menelpon, video call, foto dan tahan air. Jam ini sangat bermanfaat untuk keamanan anak-anak yang saat ini sangat rawan dengan kejahatan penculikan. Anak juga bisa mengabari orang tuanya jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Jadi sesuaikan ya dengan kebutuhan kalian, jangan maksain karena buat gaya aja tapi isi kantong ga punya. Atau udah beli mahal-mahal malah ga kepake.

Demikianlah beberapa saran dari Bang PM dalam memilih jam tangan, mudah-mudahan bisa menghilangkan galau kalian yang ingin tampil keren.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed