oleh

Pilih Usaha atau Bekerja ?

-Uang, Usaha-79 views

BEKASI – Satu iklan soft marketing menarik dari Samsung mengetuk hati bang PM untuk sedikit membahas hal ini, pilih usaha atau bekerja ?

Pilihan tersebut memang suatu hal yang sulit, baik bagi orang yang baru lulus sekolah maupun yang sudah berkeluarga. Bagi yang baru lulus sekolah impian untuk bekerja di perusahaan besar atau menjadi PNS tentu merupakan cita-cita kebanyakan anak muda. Alasan karena belum punya pengalaman usaha, tidak punya modal atau belum berani sangat umum diutarakan bagi anak muda jika ditanya kenapa tidak usaha sendiri ?.

Sebenernya banyak sih faktor yang mungkin buat dilematis bagi setiap orang, terkandung keadaan dirinya sendiri dan keluarga.

Berikut ini adalah opini dari bang PM pribadi mengenai pilih usaha atau bekerja ?

Usaha itu sendiri juga merupakan suatu pekerjaan, tapi bekerja untuk diri sendiri. Kalau bekerja ya kita bekerja untuk orang lain.

Faktor dimana kita harus memutuskan untuk usaha sendiri :

  1. Berani dalam beberapa hal, seperti berani rugi, berani spekulasi
  2. Supel dalam bergaul, memiliki banyak teman dan tidak malu
  3. Memiliki paling sedikit satu keahlian yang dapat digunakan dalam berbisnis nanti
  4. Disiplin, nah ini yang paling penting
  5. Faktur umur, jika umur udah dewasa 30 – 40 tahun pasti akan sulit bersaing dengan yang masih muda-muda. Tapi posisi kamu masih level karyawan biasa, gaji pas-pasan.
  6. Punya sedikit modal atau mampu mengelola hutang, misal kamu udah beberapa kali hutang ke bank bisa lunas dengan predikat baik. Sebaiknya bisa coba ambil hutang untuk mengembangkan bisnis kamu.

Faktor dimana kita harus memutuskan untuk bekerja sama orang lain :

  1. Yang pasti kebalikan dari yang diatas ya.
  2. Baru lulus, belum punya uang dan skill. Lebih baik bekerja sambil mengumpulkan uang dan belajar dari tempat kamu bekerja. Kalian ga cuma belajar management di lingkungan tempat kalian bekerja, tapi bisa sharing ilmu dari atasan kalian, teman dan bisa bertukar pikiran usaha apa yang cocok buat kalian.
  3. Kemampuan kalian mungkin hanya bisa dikembangkan dengan modal yang lumayan, dan hanya bisa bekerjasama atau bekerja dengan orang lain.
  4. Umur masih cukup muda, dan paling tidak setiap 5 tahun karir bisa meningkat satu level diatasnya. Misal awal masuk staff, 5 tahun kemudian supervisor, 5 tahun lagi kepala bagian/manager, 5 tahun lagi direktur, dan seterusnya.
  5. Mental kalian belum siap untuk lepas dari zona nyaman.

Nah mungkin kalau bekerja di perusahaan besar kalian pasti tahu apa aja keuntungannya. Mulai dari fasilitas, tunjangan, image yang bagus buat keluarga, karir dan berbagai hal lainnya.

Tapi apa sih keuntungannya kita membuka usaha sendiri ?

  1. Lebih bisa mengatur waktu sesuka kita, nah itu yang salah. Justru dengan usaha sendiri kita siang malem akan mikirin bagaimana usaha kita berkembang. Memang bebas mengatur waktu, kapan aja kita bisa bekerja tapi berdasarkan pengalaman jam kerjanya pasti lebih lama dibanding bekerja.
  2. Memberikan pekerjaan kepada saudara, teman atau masyarakat disekeliling kita. Secara tidak langsung kita diberi kepercayaan atas rejekinya orang lain lewat tangan kita.
  3. Bisa membuat sistem lebih baik untuk segala hal. Baik dalam hal sosial, keuangan, pemasaran, dan lain-lainnya.
  4. Walaupun dalam usaha kemungkinan berhasil hanya 50%, tapi jika memang berhasil, penghasilan sewaktu bekerja tidak akan sebanding dengan kita usaha sendiri.
  5. Jika kita sakit, maka usaha yang sudah kita bangun akan terus berjalan tanpa harus kita hadir. Karena sistem yang sudah ada dalam usaha kita bisa kita awasi dari jauh dan diwarisi ke anak-anak kita kelak. Sementara jika kita bekerja dengan orang lain, tentu jika kita sakit lama pasti akan segera diberhentikan.
  6. Bekerja dengan orang lain, mereka akan memprioritaskan orang-orang yang fresh, sehat fisiknya. Karena jika mempekerjakan orang yang sudah berumur dan fisiknya lemah maka perusahaan akan mengeluarkan biaya lebih banyak.

Kolonel Sanders pendiri KFC, bisa sukses setelah berumur 65 tahun. Dia tidak pernah menyerah jatuh bangun dalam berusaha. Dan hanya dalam hitungan 9 tahun dia bisa sukses dengan banyak cabang.

Satu hal yang perlu kita pahami “the right man in the right place”, Kalau memang tidak cocok bekerja ya berusaha, kalau cocoknya bekerja jangan paksakan berusaha sendiri.

Setiap orang memiliki peran masing-masing di dunia ini, buat yang belum menemukan perannya ya carilah. Jika sudah ketemu, perankanlah dengan baik sampai akhir hayat kalian.

Ya itulah mungkin sedikit ceramah dari Bang Pede. Semoga bermanfaat bagi semuanya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed